Sunday, February 27, 2011

Diet Nutrisi

Diet Nutrisi Yang Benar Bagi Vegetarian

Manusia dan makhluk hidup lainnya, membutuhkan makanan bagi kehidupan. Makanan yang kita makan berfungsi untuk membangun tubuh, mengatur metabolisme, keseimbangan cairan tubuh, daya tahan tubuh terhadap penyakit, menjaga suhu tubuh, mempertahankan bentuk, serta memberikan energi untuk merangsang otot.

"Apakah dengan menu Vegetarian, kita sudah mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk diet nutrisi tubuh supaya tetap sehat?" Untuk mengetahuinya, kita perlu mengetahui gizi makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi yang dibutuhkan untuk jaringan tubuh dibagi menjadi lima kelompok, yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Selain itu ada dua jenis makanan lainnya yang tidak termasuk yaitu air dan oksigen. Air berfungsi sebagai pelarut utama pencernaan makanan diangkut pada seluruh tubuh, juga oksigen yang diperlukan untuk oksidasi makanan supaya menghasilkan energi.
Seorang vegetarian perlu mengetahui semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin juga mineral, oleh karena itu alangkah baiknya bagi para vegetarian yang masih baru agar mulai belajar supaya tahu persis semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sebagian dari mereka sudah mengetahui fungsi, sifat, gejala, cara makan, dan sumber nutrisi vegetarian yang lebih sehat daripada menyantap makanan berdaging. Dengan kemajuan ilmu kesehatan dan obat-obatan saat ini, telah diketahui secara detail tentang buruknya makanan berdaging. Banyak makanan berdaging yang memiliki efek samping terhadap kesehatan manusia meskipun banyak juga manfaatnya. Daging mengandung unsur-unsur yang dapat menyebabkan penyakit, yang pada akhirnya akan membahayakan dan merugikan tubuh.
Hampir dari semua kelompok kelima nutrisi dasar tadi terdiri dari zat organik yang berasal dari tanaman dan hewan, air, garam mineral, dan unsur-unsur lain dari tanah. Apabila dipisahkan, kurang lebihnya terdiri dari 43 jenis unsur organik. Yang penting adalah oksigen, hidrogen, karbon, kalsium, besi, fosfor, belerang, klorin, kalium, natrium, magnesium, jodium, dan elemen lain. Dan tidak ada satu makanan yang mengandung semua elemen dalam jumlah penuh yang dapat mencukup kebutuhan tubuh.
Ada lima kelompok nutrisi yang dibutuhkan tubuh :
A. Menurut jumlah yang diperlukan, nutrisi dibagi 2 kelompok:
1. Unsur Makro: yaitu kabohidrat, protein, dan lemak.
2. Unsur mikro: yaitu garam mineral dan vitamin.
B. Menurut fungsi dalam tubuh, nutrisi dibagi tiga kelompok:
1. Sumber energi gizi: kabohidrat, protein, dan lemak.
2. Jaringan gizi pembentuk/pembangun tubuh: protein, garam mineral, dan air.
3. Regulator gizi: protein, garam mineral dan enzim vitamin bentuk.
Di antara lima kelompok utama nutrisi, ada empat puluh jenis nutrisi yang tidak dapat disintesis oleh tubuh kita, yaitu tipe 1 asam lemak esensial, 15 vitamin, 14 jenis mineral, dan 10 jenis asam amino.
Pengetahuan tentang nutrisi sangat penting bagi tubuh, agar kesehatan vegetarian tetap terjaga dan pencegahan terhadap penyakit yang disebabkan oleh diet nutrisi yang salah.

Baca Artikel Lain Tentang : Nutrisi Diet, Program Diet Sehat

0 komentar:

Post a Comment